Senin, 22 Juni 2009

KEKUATAN DALAM MENGHADAPI TEKANAN HIDUP

2 Korintus 1:8-10

Kalau kita melihat tayangan berita saat ini, isinya lebih banyak tentang kabar buruk semua, tidak lain dan tidak bukan isinya tentang :

Kemerosotan moral manusia

Bencana dimana mana

Kehancuran Financial

Dll.

Dan semua itu membuat kita hidup didalam Tekanan kekhawatiran dan kecemasan akan kehidupan dan semakin membuat manusia semakin putus asa.

Padahal kehidupan yang kita alami pada masa sekarang ini adalah sangat penting, karena kita hidup dalam masa dimana penggenapan nubuat dalam Firman Tuhan semakin nyata digenapi.

Jika kita belajar dari Paulus maka kita dapat mengambil hikmah dari tekanan kehidupan yang kita alami, Paulus dalam pelayanannya di asia kecil mengalami tekanan yang luar biasa. Apa yang dia alami lebih dari apa yang kita alami dalam kehidupan kita.

Paulus merubah tekanan menjadi suatu hal yang baik, dia mempunyai keyakinan, bahwa Tuhan yang akan menolong dia, karena Tuhan sudah melakukannya dulu, sekarang dan untuk masa yang akan dating Tuhan pula yang akan meluputkan dia dari tekanan hiduop nya.

Mari kita belajar bersama, bagaimana Paulus melihat tekanan kehidupan ini bisa menjadi suatu yang dapat menjadikan kita luar biasa di masa yang akan datang.


1.TEKANAN HIDUP MENGEMBANGKAN KEMATANGAN

Seorang pernah berkata “Kedewasaan hidup kita dilihat pada saat kita tertekan” menurut saya ada benarnya juga, kedewasaan seseorang tidak di lihat dari usia atau jabatan, namun dilihat dari bagaimana orang tersebut menghadapi tekanan dal hidupnya.

Paulus semakin matang dalam pelayanannya, bukan karena dia fasilitas yang dia miliki, namun tekanan tekanan yang dihadapinya menjadikan dia luar biasa.

Kita pun dapat menjadi seorang yang mempunyai karakter yang luar biasa dan matang dalam iman. Caranya hanya satu, hadapi tekanan kehidupan anda dengan mengcupap syukur.

Tekanan akan membuat diri anda lebih baik, jika anda tidak membiarkan hal tersebut menjadi suatu kepahitan.”

2.TEKANAN HIDUP MENDORONG KITA MELAMPUI BATAS PRESTASI KITA

Setiap orang yang menghadapi tekanan hidupnya dengan bersyukur, maka dia sudah dapat melampaui batasan batasan prestasi yang pernah dia capai. Ingat! Sukses bukan suatu tujuan atau posisi. Namun sukses adalah perjalanan, setiap kali kita menghadapi tekanan hidup baik berhasil ataupun gagal, kita tetap mengalami kesuksesan. Jika kita berhasil, itu karena kita sukses menghadapi kegagalan kegagalan kita, dan orang yang mampu tetap berjalan walaupun mengalami kgagalan, maka dia sukses mengatasi tekanan hidupnya.

3.TEKANAN HIDUPMEMBERI KESEMPATAN LEBIH BESAR

Pada saat kita menghadapi tekanan hidup, hal pertama yang harus kita lakukan adalah mencari Tuhan dalam ketenangan. Karena saat kita dapat tenang didalam badai, maka kita dapat melihat peluang peluang yang Tuhan berikan bagi kita. Tuhan terkadang berbisik pada kita didalam badai, untuk mendengar kan butuh hati yang tenang.

Jika kita memperhatikan pemain sepak bola eropa, walau sudah di kepung atau di press beberapa orang, mereka dapat meluhai peluang, karena mereka belajar melihat kesempatan didalam tekanan. Beitu pula kita tekanan hidup yang kita alami, diijinkan Tuhan agar kita lebih lagi melihat kesempatan kesempatan yang Tuhan tetapkan bagi kita & ketenangan memampukan kita melihat lebih luas lagi

4.TEKANAN HIDUP MENDORONG INOVASI

Tekanan hidup jika kta menanggapinya dengan baik, maka itu bias memicu kreativitas kita dalam berkreasi, bai dalam perkerjaan, rumah tangga, yang terpenting adalah dalam pelayanan.

5..TEKANAN ITU MEMOTIVASI

Paulus dalam pelayanannya, menggunakan tekanan tekanan yang dia alami sebagai suatu motivator yang menggerakkan dia luar biasa, ketimbang mengelak dari tekanan tersebut dia malah menghadapinya, dan hasilnya adalah pelayanannya dia semakin luas dan banyak orang diselamatkan karena mendengar Firman Tuhan. Bayangkan kalau Paulus patah arang.

Tekanan hidup merupakan keadaan dimana Tuhan menggunakannya untuk membentuk karakter kita, lebih baik lagi. Dan setiap kali kita belajar dari apa yang kita dapat saat kita sedang megalami tekanan hidup, maka kualitas iman kita semakin bertambah dan kita berkenan untuk menerima janji jani Tuhan.

Tuhan Yesus Memberkati


Ev.Fery Rotinsulu

Messenger Community

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar