Senin, 22 Juni 2009

MEMBINA SUATU HUBUNGAN YANG BAIK DENGAN KOMUNITAS

MENURUT FIRMAN TUHAN.

Setiap kita pasti ingin memiliki suatu kualitas hubungan yang baik dengan sesama kita, baik pada komunitas pertemanan, sekolah, pekerjaan, pelayanan atau dimanapun kita sering berinteraksi bahkan yang paling penting dalam keluarga.

Seringkali kita membaca buku dan mendengarkan rekaman tentang bagaimana membina hubungan yang baik, padahal jika kita mau meluangkan waktu beberapa saat saja dalam membaca firman TUHAN, maka begitu banyak pengajaran mengenai bagaimana membina hubungan yang baik dengan sesama manusia bahkan dengan TUHAN. Karena kekristenan bukanlah tentang agama, tapi tentang suatu hubungan!

Saya ingin kita fokus kepada Yohanes 10:3-4, kita akan belajar dari Yesus mengenai 3 hal yang harus kita lakukan agar dapat membina suatu hubungan yang baik, yaitu: KENALILAH MEREKA, TUMBUHKAN MEREKA dan TUNJUKAN PADA MEREKA.

= KENALILAH MEREKA :

Ayat 3 “…ia memanggil domba dombanya masing masing menurut namanya…”

Saya mengutip dari tulisan Pst. John C Maxwell, beliau memberikan definisi ABC mengenai hubungan yang efektif;

Acknowledge, kebutuhan kita akan orang lain, untuk memiliki suatu hubungan yang baik, maka kita harus mengakui bahwa kita membutuhkan orang lain. Jika kita melihat pengajaran rasul Paulus dalam 1 Korintus 12:20-21, dia mengatakan mengenai berbagai macam fungsi dalam tubuh, namun tetap merupakan suatu kesatuan yang saling membutuhkan. Jika kita belum mau mengakui kebutuhan kita akan orang lain, maka kita tidak akan mencapai hubungan yang efektif

Believe, pada nilai seseorang, penilaian yang kita berikan pada seseorang, menunjukan apakah kita seorang motivator atau seorang manipulator, yang selalu mengambil keuntungan dari orang. Motivator, memotivasi orang lain untuk suatu keuntungan bersama, sementara manipulasi dilakukan oleh orang yang mempunyai ambisi untuk maju sendiri.

Concentrate, pada manusianya, jika kita ingin suatu hubungan yang baik, maka kita harus fokus pada pembentukan dan pembangunan manusianya, bukan pada programnya, karena pembentukan dan pembangunan manusia membawa perubahan dan juga hubungan yang baik. Ingat! TUHAN datang menyelamatkan manusia bukan dunianya!

= TUMBUHKAN MEREKA

Ayat 4 “…dan domba domba itu mengikuti dia, karena mereka mengenal suaranya.”

Jika kita ingin komunitas kita bertumbuh, maka kita harus berada bersama mereka pada saat mereka membutuhkan. Ketepatan waktu adalah hal yang penting dalam hal ini,lebih baik kita ada saat mereka membutuhkan, ketimbang selalu bersama mereka pada saat tidak dibutuhkan.

Saya pernah menjadi seorang pelayan di satu restaurant franchise di Jakarta, saat pertama kali mulai bekerja, saya harus melalui training dan seminggu pertama trainer saya selalu mengikuti saya dari belakang, untuk memastikan bahwa apa yang saya lakukan sesuai dengan prosedur, namun setelah lewat masa tersebut, dia tidak lagi mengikuti saya, namun dia tetap mengawasi saya dan setiap kali saya melakukan hal yang baik dia selalu menepuk pundak saya sambil berkata “Good jod!”. Mengembangkan seseorang dimulai saat keberadaan kita dirasakan oleh orang lain pada saat dibutuhkan.

TUNJUKAN PADA MEREKA

Ayat 4 “…ia berjalan di depan mereka, dan domba domba itu mengikuti mereka…”

Orang tidak mau tahu berapa banyak yang kita ketahui, tapi mereka mau tahu seberapa besar kepedulian kita, dan mereka mengetahui seberapa besar kepedulian kita, bukan dari apa yang kita katakan tapi dari apa yang kita lakukan.

Kekristenan adalah tentang hubungan, melakukan yang benar lebih baik dari mengatakan yang kelihatannya benar, mencontoh lebih baik dari mengajar, semua orang bisa berkata kata tentang KASIH, namun tidak banyak yang dapat melakukan KASIH tersebut.

Hubungan kita menentukan sikap kepemimpinan kita, kita dapat bekerja sama dengan orang lain atau kita dapat menjadikan orang tersebut musuh kita, tergantung dari bagaimana kita membina hubungan kita dengan mereka.

Jika kita ingin memiliki hidup yang luar biasa dan berbuah serta membawa dampak yang baik pada komunitas kita, marilah kita mulai membina hubungan yang baik sesuai dengan firman TUHAN, maka anda akan mengalami kehidupan kekristenan yang dahsyat.

Ev.Fery Rotinsulu

Messenger Community

Tidak ada komentar:

Posting Komentar