Senin, 22 Juni 2009

KEKUATAN DALAM PERTUMBUHAN

Lukas 2:40, 52

Jikalau kita tidak berubah, kita tidak bertumbuh. Kalau kita tidak bertumbuh, maka dapat dikatakan kita sudah mati. Proses pertumbuhan menuntut kita untuk meninggalkan comfort zone sementara waktu. Dan itu berarti kita harus merelakan pola pola kehidupan kita yang sudah kita kenal tetapi membatasi potensi kita. Tidak ada yang lebih parah daripada kehidupan yang stagnan, tanpa perubahan tanpa pertumbuhan.

Jika kita melihat kedua ayat pada Lukas 2 tadi, maka kita akan menemukan sebuah proses perubahan yang terjadi dalam diri Yesus, secara fisik DIa semakin bertambah besar, bersamaan dengan itu secara spiritual Dia semakin luar biasa pertumbuhan Roh nya.

Perubahan diri Yesus bukanlah suatu yang terjadi tanpa perencanaan yang matang, namun sudah dirancang jauh sebelum kelahiran-Nya, tetapi saat kelahiran-Nya itu adalah hari dimana Dia memulai perubahan dalam hidup-Nya, yakni Dia lahir sebagai bayi manusia biasa namun dalam diri bayi mungil tersebut ada Roh yang luar biasa yang akan membawa perubahan pada umat manusia. Sehingga dalam pertumbuhan Yesus dalam beranjak dewasa secara fisik, selalu disertai dengan kematangan spiritual yang semakin nyata dan berdampak pada komunitas-Nya.

Kebanyakan dari kita akan melawan perubahan, apalagi saat perubahan itu mempengaruhi kita secara pribadi, seorang penulis pernah berkata: “semua orang berpikir mengubah dunia, tetapi tidak seorang pun berpikir mengubah dirinya.” Saya sangat setuju dengan pernyataan tersebut, Yesus menerima proses perubahan dan pertumbuhan dalam diri Nya, karena Dia mempunyai tugas yang besar, yakni keselamatan umat manusia.

Ironisnya adalah sebagaimana kita ingin menghindar dari perubahan pribadi kita, perubahan itu tidak bisa dihindari, semua orang harus menghadapinya. Namun pertumbuhan adalah pilihan. Anda bisa memilih bertumbuh atau melawan, namun ingat! Orang yang tidak mau bertumbuh, tidak pernah akan mencapai potensinya. Dan keputusan yang benar adalah pertumbuhan dimulai hari ini!

Tiga alasan mengapa anda perlu menentukan pertumbuhan anda hari ini;

1. PERTUMBUHAN TIDAK OTOMATIS

Kita bisa muda hanya satu kali, tetapi anda bisa tidak dewasa dan matang selama waktu yang tidak ada batasnya. Itu disebabkan karena pertumbuhan itu tidaklah otomatis. Bukan berarti karena usia kita bertambah menjadikan anda bertumbuh. Jalan menuju tingkatan berikut dalam kehidupan ini adalah menanjak, dan dibutuhkan upaya untuk bertumbuh, mulai hari ini dan kita semakin dekat dengan potensi yang Tuhan inginkan dalam diri kita.

2. PERTUMBUHAN HARI INI AKAN MEMBERI HARI ESOK YANG BAIK

Segala sesuatu yang anda perbuat hari ini, dibangun atas dasar apa yang anda putuskan perbuat kemarin. Dan setiap keputusan hari ini menentukan apa yang akan terjadi besok. Pertumbuhan hari ini adalah investasi hari esok. Dalam ayat 11 dari buku Lukas 2, malaikat Gabriel menyampaikan pesan kepada para gembala, “…Hari ini…”. Kata hari ini menyatakan bahwa hari ini sudah dimulai suatu awal dari suatu peristiwa yang di sangat dinantikan, dan keputusannya adalah hari ini. Ambil keputusan dalam pertumbuhan kita, karena masa depan kita di tetapkan Tuhan melalui keputusan kita hari ini.

3. PERTUMBUHAN ADALAH TANGGUNG JAWAB ANDA SENDIRI

Ketka kita masih kecil, orang tua kita bertanggung jawab atas kita – bahkan bagi pertumbuhan dan pendidikan. Tetapi setelah dewasa, kita sendirilah yang bertanggung jawab. Dan kalau kita tidak menjadikan pertumbuhan itu sebagai tanggung jawab kita sendiri, maka kita tidak akan pernah bertumbuh.

Ambilah keputusan anda dalam bertumbuh hari ini, dan mulailah melakukannya sekarang. Sadarilah pentingnya pertumbuhan pribadi itu dalam sukses, dan berkomitmenlah untuk mengembangkan potensi anda ini, maka anda akan melihat bagaimana Tuhan merancang kehidupan anda berdampak yang luar biasa pada komunitas anda, always be a messengers in your community. JBU


Ev.Fery Rotinsulu

Messenger Community

Tidak ada komentar:

Posting Komentar